Logo

Sebab bingung hendak bicara apa, saya nyangkem sekenanya. Seorang teman mengundang saya pada sebuah acara diskusi yang ramai. Temanya soal “Pentingnya logo pada sebuah produk”. Redaksi pastinya saya lupa. Barangkali karena kalimatnya terkesan melangit, saya enggan mengingatnya. Khawatir memori otak  kepenuhan, karena dijejali hal yang  serba muluk.

Saya bukan orang sekolahan yang pandai berteori untuk mengupas tema itu. Jadi ngomongnya yang remeh-temeh saja. Sambil guyon untuk mencairkan suasana. Puluhan tahun jadi desainer grafis, saya rasa sudah cukup tahu, bagaimana selera humor orang-orang di industri ini.

Logo itu mistik abad modern. Paduan bentuk, warna dan letak. Seringpula orang bicara tentang filosofi. Tapi itupun buram. Yang berkepentingan atas makna-makna adalah pemilik logo itu. Sedang konsumen tidak mau repot. Mereka hanya butuh tanda pengenal. Semakin indah visualnya, kian gampang terekam. Meski indahpun soal yang subyektif. Tapi bukan berarti tidak bisa disulap obyektif. Seperti panorama pantai, pemandangan gunung atau teduhnya telaga. Siapapun akan bilang elok, kecuali hatinya sedang gundah.

Bagusnya logo, adalah baiknya seluruh komponen dalam produk itu, juga penyertanya. Jika membangun rumah makan, logo akan jadi semacam kesimpulan. Tentang bersihnya piring dan beningnya gelas. Tertatanya meja-meja, nyamannya kursi dan ruangan.

Tapi logo bukan jin penglaris. Jangan berharap terlalu banyak. Logo itu serupa senyum yang disunggingkan oleh SPG cantik didepan restoran. Orang datang karena suka. Kesukaan itu melahirkan kebutuhan. Kebutuhan memunculkan ketagihan. Itupun jika mujur. Bila tidak, apa boleh buat? Putar otak cari cara lagi. Bukankah bayi perlu merangkak, jatuh bangun, baru berdiri tegak? Namun juga perlu ingat. Lambat laun, bocah akan dewasa, merenta, lantas mati. Tidak abadi. Rawat-rawatlah ketika dia masih bisa bernapas.

Jadi, mau darimana dulu, bicara tentang pentingnya logo?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s