Peran

Bolehlah menganggap dunia adalah panggung sandiwara. Itu berarti, kita adalah para pelaku dramanya.  Pemeran yang bagus adalah dia yang mampu menghayati tidak hanya pada satu peran. Tapi mampu meminjamkan dirinya untuk memainkan beragam karakter, dengan sungguh-sungguh.

Taruhlah, menjadi anak. Maka pada saat itu, harus mencintai ibu, lalu menghormati bapak. Ketika berperan siswa, mesti takzim kepada guru. Begitu juga sewaktu berlaku sebagai ketua RT, hendaknya tak mengkorupsi uang iuran warga. Memerankan jadi orang baik itu tidak mudah.

Lalu bagaimana apabila dapat jatah menjadi orang jahat? Ini lebih ruwet. Bagaimana tidak? Berlaku sebagai pembunuh, tapi tak boleh membunuh lawan main. Jadi tukang pukul, tapi dilarang mengarahkan bogem ke wajah aktor lain. Dan sebagainya.

Panggung ada aturannya, drama mempunyai skema. Panjang-lebar pentas menjadi batas pergerakan. Instruksi dan deskripsi situasi dalam skenario memenjara untuk tak berlebihan. Ada tema besar yang harus dijaga, lewat perilaku-perilaku patuh dalam memerankan.  Betapa sialnya ketika dapat peran jahat, padahal aslinya dia baik. Tidak tega untuk menginjak, tak kuat hati untuk menerjang-terjang.

Tapi dengan begitu, toh orang belajar. Bagaimana cara mengalahkan tanpa merendahkan. Orang jawa bilang menang tanpo ngasorake. Kelihatannya berperang, tapi sebenarnya hatinya penuh kasih sayang. Bagaimana bisa melakukan itu? Sungguh sukar dibayangkan. Jangan-jangan malah batal memerankan?

Berlaku jadi orang baikpun tak mudah. Dikelilingi aturan-aturan, supaya tidak terpeleset kekejaman. Dipagari regulasi-regulasi yang mengancam. Mau merampok, urung karena menyalahi skenario. Hendak memperkosa, gagal sebab dibatasi ketentuan skrip. Akan menipu, kandas lantaran menyalahi kaidah naskah. Serba repot.

“Dunia adalah panggung sandiwara” hanyalah pepatah. Ucapan jaques dalam teater As You Like It karya shakespeare. Lalu bagaimana jika ternyata,  pepatah itu benar? Betapa susah dan peliknya ini. Tapi kalau dipikir lebih lanjut, emang ada hidup yang mudah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s