Menulis

Seorang teman mengundang saya untuk sebuah acara diskusi tentang teknik menulis. Terus terang, ini membingungkan, “Lho kok bisa, saya yang ditunjuk?” Sebab tulisan saya jelek, mbulet serta berliku. Apalagi, saya bukan penulis profesional yang punya karya buku best seller. Bisa jadi, dia salah tafsir tentang saya. Hingga saat menulis catatan ini, saya masih belum mendapatkan alasan-alasan atas pemilihan tersebut.

Benar, bahwa kerja kepenulisan itu tidak gampang, sejajar dengan sulitnya orang matun di sawah, memasang instalasi listrik atau menenun kain. Saya pikir, akibat ketidakmudahan kerja kepenulisan itu, maka yang dibutuhkan untuk berhadapan dengannya adalah keberanian mencetuskan dan kesetiaan. Setelah itu baru kepandaian menyerap, mengolah. merumuskan masalah serta mengatasinya. Yang saya maksud dengan kata “mengatasi” adalah berada diatas semua masalah, melampaui segala kepelikan, mengendarainya, bukan dilemahkan oleh masalah itu.

Demikian juga dengan menulis.  Keberanian meletakkan kata, menyusun kalimat adalah sesuatu yang penting. Pada dasarnya, tiap manusia punya kemampuan berpikir untuk mengolah kesulitan. Maka bukan hal yang mustahil, untuk bisa mengemas tinjuan dan kesimpulan atas sejumlah perkara, dalam benak. Anggaplah, menulis itu adalah proses pemindahan terhadap suara-suara yang telah tertata di pikiran itu. Menjejer aksara menjadi kata, hingga paragraf.

Bukankah akhirnya, segala hal tentang kepenulisan adalah soal ketekunan yang terus ditegakkan? Modal bisa dari manapun. Entah melalui kesenangan membaca teks dalam buku-buku atau ketelatenan membaca peristiwa lewat pengamatan-pengamatan. Kata orang jawa “Moco Kahanan”. Demi mengumpulkan kosa kata, berlatih merangkum masalah.

Menulis itu sulit dan jujur saya mengalaminya. Itu kenapa saya masih heran atas undangan diskusi dengan tema tersebut.  Tapi, apa sih yang benar-benar mudah di dunia ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s