Bangkai

Konon, di sebuah negeri, tengah berlangsung kegaduhan pada satu pesta. Kubu-kubu bersitegang di depan dua pasang bangkai. Satu sama lain melontar argumentasi tentang bangkai mana yang lebih cocok dijadikan daging asap dan bangkai mana yang sebaiknya dibuang. Mereka lupa, bahwa apa yang sedang diperbantahkan itu hanyalah bangkai-bangkai beraroma tak sedap. Namun di mata orang-orang yang sudah diperdaya lapar, kedua bangkai itu lebih nampak layaknya daging unggas segar. Bahkan, masing-masing orang rela menutup hidungnya, agar indera penciuman tidak terganggu. Sebisa mungkin mereka juga menumpuk sugesti, supaya bau bacin yang melintas, berubah menjadi seakan-akan wangi.

Beberapa orang yang menyaksikan kericuhan dua kelompok tadi, telah berusaha mengingatkan mengenai kepicikan mereka. Semestinya mereka tidak bertengkar mengenai bangkai-bangkai tersebut. Apalagi mengingkari aroma busuknya. Alangkah lebih cocok, apabila mereka menindak saja panitia pesta yang sudah tega menyediakan bangkai. Padahal, masih banyak bahan makanan lain yang bisa disuguhkan. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Pesta telah terlanjur tercanangkan. Sungguh capek apabila memprotes panitia penyelenggara, perihal menu santapan malam itu. Lagipula, bila demonstrasi penolakan dilancarkan, urusan perut bakal terganggu. Maka, dengan semangat yang menyala, masing-masing ketua kelompok memberikan perintah kepada anak buahnya “Pilihlah daging mana yang hendak kau lahap. Gunakan akal sehat kalian!”.

Sementara, di sudut lain tempat perhelatan, sekelompok panitia terkekeh-kekeh menyaksikan orang-orang yang bertengkar itu. Tawa mereka lepas saat mendengar pergantian penyebutan, dari bangkai menjadi daging. Kegelian kian menjadi-jadi ketika istilah akal sehat muncul, yang justru diucapkan oleh orang-orang yang enggan jujur mengakui bebauan busuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s