Cerita

Sebuah cerita menjadi menarik karena menyuguhkan keniscayaan. Menawarkan peluang-peluang baru atas sekian ketidakmungkinan. Entah itu berupa keadaan pelik yang ternyata berhasil dilampaui atau tuntasnya kemelut pribadi yang sebelumnya nampak mustahil terlukar. Barangkali karena sejatinya manusia mendamba harapan. Hingga terdorong untuk selalu mencari kebutuhan tersebut lewat beragam cara. Antara lain dengan mengudap kisah-kisah yang mungkin bisa menyegarkan cara pandangnya terhadap suatu masalah sekaligus merasa terhibur.

Susunan logika yang kokoh merupakan bekal utama seni bercerita. Berguna untuk menyalurkan pengaruh. Menggaet keingintahuan orang sampai tingkat paling meyakinkan. Masuk akal dan sinkron dengan semesta cerita itu. Membuat siapapun yang mengikuti, berangsur hanyut dan seolah turut mengalami peristiwa yang digambarkan. Hingga akhirnya setuju dengan pesan cerita, serta cocok dengan argumentasi-argumentasi yang melandasi. Terinspirasi!

Tujuan dari cerita adalah memikat kepercayaan para penikmatnya. Sebab, rasa percaya merupakan bagian paling rentan yang bersemayam dalam diri manusia. Apabila bisa ditaklukkan, maka kemungkinan besar, terengkuh pula cara berpikirnya. Anasir tersebut yang diincar. Hampir setiap strategi penguasaan selalu dilancarkan melalui cerita-cerita yang kuat. Siasat menarik perhatian, mengalihkan penolakan menjadi penerimaaan. Ada yang menyebutnya sebagai Art of deception. Ini berlaku dalam berbagai bidang dan diterapkan bermacam kalangan.

Di masa kini, cara-cara itu lazim dipakai untuk social engineering. Rekayasa menggiring minat dan pendapat pada arah tertentu melalui narasi-narasi memesona. Tatanan ilusi memukau yang menggoyang kemapanan pikiran, namun tidak menyiderai imajinasi pihak tertarget. Bentuknya bermacam-macam. Dari testimoni hingga opini. Berisi bujukan sampai pengelabuan. Dilontar melalui perhitungan dan perencanaan serius disertai analisis tema yang matang. Semua ditempuh demi teraihnya simpati dan terdulangnya dukungan atas sejumlah gagasan, sosok maupun produk.

Konon katanya, Whoever Tells the Best Story Wins!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s