Pemangkasan

Semakin pendek susunan teks, kian kuat pula daya paksanya. Keluasan rangkaian kata dalam penyampaian informasi akan menentukan respon pembaca. Bila kalimat “Menurut anggapan saya, sampeyan adalah bajingan!” dipangkas menjadi “Sampeyan bajingan!” atau “Bajingan!” saja, tentu menghasilkan tekanan yang berbeda. Nuansanya menajam, kesan desaknya menguat, meski menawarkan maksud yang sama

Di masa internet, saat wadah teks dibuat menyempit dan terbatas, pemangkasan menjadi keniscayaan. Informasi disalurkan dalam bahasa yang sesingkat mungkin, demi efisiensi ruang dan kemudahan akses. Kompleksitas menjadi momok. Konten yang dimuat terlalu padat dan memanjang, sama artinya dengan membebani pembaca untuk melakukan tugas baru, yaitu memencet tautan “read more”. Malas, bukan? Pembiayaan atas data yang dipakai juga bertambah. Belum lagi dengan kendala kecepatan internet yang pada sebagian besar tempat masih kembang-kempis.

Maka, mau tidak mau, berita-berita mesti dihadirkan dalam tampilan yang memungkinkan dikudap secara sekilas. Celakanya, langkah yang diambil kerapkali konyol dan menjebak : judul dimelar-melarkan sedemikian rupa, seakan-akan mampu mengusung intisari konten, untuk mengantisipasi mereka yang enggan menekuni isi berita secara lengkap. Lambat laun, pembaca terbawa pada tradisi pengabaian: ambil kepala, buang badannya! Penggal!

Jangan-jangan, ini merupakan salah satu faktor, kenapa tanggapan maupun arah diskusi atas suatu berita di internet terasa tambah panas. Kemarahan, kegeraman, kebencian serta kesedihan gampang terpantik. Kesalahpahaman rentan tersulut. Kekaguman dan keheranan menjadi murah. Kesimpulan gegabah enteng ditarik. Sebab imajinasi pembaca yang turut terpotong bersama pemangkasan teks-teks itu, bakal menghasilkan reaksi yang lebih mengedepankan geliat emosi ketimbang simulasi logika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s