Kata

Lebih dari 2000 kata dan frasa baru, ditambahkan dalam kamus Merriam-Webster. Sebagian besarnya berasal dari persapaan internet. Khasanah bahasa Inggris menjadi kian gemuk dalam satu dekade terakhir. Ekspresi-ekspresi yang sebelumnya terasa asing, kini bisa diujarkan lewat wicara atau tulis dengan istilah-istilah yang padat. Ini menandakan, betapa perkembangan teknologi telah mempengaruhi kehidupan hingga tingkat yang paling rinci: perkara ungkapan.

Kata-kata memang mesti dirawat secara serius. Sebab rata-rata kesalahpahaman dalam interaksi manusia, dimulai dari sana. Sangkaan dan anggapan baik atau buruk terhadap sesuatu, dibentuk dari penangkapan arti seperangkat kata. Bahkan, perbedaan tafsir atas kata, dapat memancing perseteruan yang rumit dan panjang.

Sayangnya, tak semua pihak telaten dalam urusan itu. Seseorang bisa bilang, “Ah, bukankah yang penting intinya tersampaikan?”. Benar, memang demikian. Namun jangan lupa, semulia apapun sebuah maksud, bisa berbalik bencana, hanya gara-gara keliru pemilihan atau pemaknaan kata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s