Poso

Kata “Puasa” berasal dari khasanah sanskrit, bila ditulis dengan huruf latin tereja “Upavasa”, berarti mendekatkan diri pada hadirat maha suci, yang maksudnya adalah Tuhan. Sebuah kata yang kental dengan aroma kerohanian. Dalam kamus bahasa Sanskrit ke Bahasa Inggris yang disusun Profesor Monier Williams, terbit pertama tahun 1899, “upavasa” dirujukkan pada kegiatan melaparkan diri, “fasting”. Lalu dijelaskan lebih jauh, itu juga merupakan ritual yang dijalankan dengan menghindari segala kepuasaan sensual yang dicerap indera.

Namun Monier Williams melupakan aspek spritual dalam pemaknaan kata itu. Upavasa bukan sekadar urusan tubuh, tapi juga proses batiniah. Ia tidak menyebut, bahwa seluruh orientasi dari upavasa adalah pengendalian hasrat keduniaan, bermuara pada penyatuan terhadap perkenan Ilahi. Akibat ketidaklengkapan keterangan tersebut, tak sedikit munsyi sanskrit yang berseberangan pendapat dengan Monier Williams.

Kisaran tahun 1633 masehi, Sultan Agung dari Mataram Islam mulai menggunakan kalender Jawa. Sistem penanggalan itu adalah hasil akulturasi antara almanak Saka dan Hijriyah. Dia menggunakan kata puasa atau poso untuk mengganti nama bulan ke-9 yang sebelumnya disebut Phalguna dalam aturan Saka. Bulan itu bertepatan dengan Ramadan, saat umat Islam menunaikan ibadah shaum.

Pada tataran ini, sang Sultan jeli menerakan istilah. Serapan kata ” poso” atau “puasa”, sejalan dengan makna akarnya. Sebab secara praktik dan substansi, shaum Ramadhan memang tak semata urusan mengosongkan perut dan menyengajakan dahaga belaka. Lebih dari itu. Serangkaian upaya untuk membatasi diri, menahan dari segala hal yang sebelumnya boleh dilakukan selain tetap menghindar dari apapun yang terlarang. Demi merengkuh cinta, menguji kesetiaan mengabdi dan menyatu dengan kehendak Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s