Kendali

Daya tarik yang ditawarkan media sosial internet adalah prasarana kendali mandiri. Keleluasaan kontrol untuk aktualisasi diri. Tiap akun dimungkinkan melakukan apapun, dengan mengenakan topeng sesukanya. Sungguh bidikan yang jitu. Bukankah hampir sebagian besar orang mendamba kontrol penuh atas semua tindakan serta keinginannya? Bukankah menyenangkan jika berkuasa atas sesuatu dan dapat menebarkan pengaruh sebebas-bebasnya?

Di media sosial internet, masing-masing akun bisa dengan mudah menerima teman yang disukai atau menyetujui pendapat tertentu tanpa harus berbuih-buih diskusi. Saat yang sama, dia juga digampangkan untuk mendepak siapa saja yang dibenci, atau menolak sekian opini, tanpa perlu repot-repot berurusan dengan unggah-ungguh yang njlimet. Situasi yang amat berbeda dengan kehidupan di luar internet. Kontrol penuh lantas dianggap serupa hadiah yang sukar didapatkan pada realitas sehari-hari. Walau itu semua ilusi, toh godaannya susah dielakkan.

Media ini menjadi semacam medan pelampiasan atas segala hal yang sulit dijangkau di lingkungan nyata. Wahana pengungkapan dari apa-apa yang sebenarnya dikehendaki namun terpendam. Sesuatu yang sebelumnya malu-malu kucing disembunyikan, sengaja atau tidak, lantas rela dibuncahkan. Menguakkan sisi lain kepribadian tanpa halangan berarti. Kata Oscar Wilde, penulis drama kenamaan asal Irlandia itu, “Give a man a mask and he’ll tell you the truth!”

Bahkan di antara tumpukan kepalsuan sekalipun, kejujuran bakal merembes diam-diam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s