Bual

​”Jangan berdebat dengan pembual”, tutur kawan saya di Jogja, 18 tahun silam. Lanjutnya, “Percuma! Cukup kamu bilang saja, Ngomong wuoooopoh, lalu tinggal pergi!” Saya tertawa. “Dan dia akan berhenti?” Tanya saya. “Belum tentu. Kebanyakan, mereka akan terus berburu telinga untuk mengembangbiakkan omong kosongnya”. 

Lumayan manjur, saya terapkan beberapa kali. Terutama demi menjaga kesehatan pendengaran dan stabilitas kewarasan. Saya teringat kembali obrolan tersebut, ketika selintas membaca kutipan dari lelucon George Carlin, “Never argue with an idiot. They will only bring you down to their level and beat you with experience

Leave a Reply

